Saturday, April 16, 2011

NEANDERTHALS

Akhirnya nulis juga, kemarin-kemarin gw punya niat untuk nulis tentang Neanderthals, udah sampai box new entry tiba-tiba moodnya hilang haha.

ok langsung aja yah gw cerita pakai versi dan sudut pandang sendiri, gw pernah nemuin artikel di sebuah majalah tentang manusia purba sebelum kita Homo Sapiens(manusia) ada di muka bumi ini.
ada jenis-jenisnya dan namanya masing-masing,tapi yang paling membuat gw tertarik untuk dipelajari dan di sukai adalah yah jenis Neanderthals ini.
kenapa Neanderthals? karena mereka adalah satu-satunya jenis manusia purba yang paling sama seperti manusia sekarang. Mereka mengerti arti kasih sayang, contohnya saat ada yang sakit mereka akan merawatnya bersama-sama, dibuktikan dari hasil temuan bahwa luka-luka itu telah seperti diobati terlebih dahulu sebelumnya. atau saat ada anggota keluarga yang meninggal mereka akan menguburkannya, bahkan dengan hiasan bunga dan tanda penghormatan dengan cara mereka. Neanderthals juga ga bisa di bilang primitif menurut gw, karena mereka bisa berbuat alat berburu seperti alat pancing, bahkan pisau yang dibuat dengan cara mengasah layaknya manusia sekarang, mereka juga memulai berpakaian dengan kulit binatang, yang anehnya pernah ada penemuan sebuah jarum,itu untuk menjahit pakaian mereka lengkap dengan lubang untuk memasukkan tali di ujung jarum. yang paling gw suka dari Neanderthals adalah mereka mengerti dan tahu musik, dulu tuh Neanderthals bikin pakai tulang yang ada lobang not seperti layaknya suling dan kalau ditiup bisa memunculkan nada tertentu, mereka juga memanfaatkan kayu sebagai alat tabuh. nah jadi Neanderthals itu makhluk intelligent dan ga primitif menurut gw. karena mereka bisa membuat inobasi selayaknya manusia sekarang.
nah gw bahas sejarah dulu, jadi Neanderthals mulai ada dimuka bumi ini sekitar 100.000 tahun yang lalu, kemudian mereka menghilang kalau ga salah sekitar 30.000 tahun yang lalu, nah itu bertepatan saat manusia mulai muncul di muka bumi ini.
jadi Neanderthals itu ga ada lagi dimuka bumi ini karena mulai adanya kontak dengan manusia, seperti perebutan wilayah dan perang antar suku mereka.

nah kebetulan seminggu yang lalu gw disuruh mama ke sebuah mall untuk ngecheck harga barang, setelah urusan selesai gw iseng-iseng nyari DVD, waktu itu niat mau cari film Braveheart atau The Ultimate Gift, eh taunya film yang dicari malah ga ada, alhasil gw sibuk cari satu-satu film lain yang bisa ditonton dirumah, nah tiba-tiba ada suatu DVD yang mencolok dari cover dan judul"AO THE LAST NEANDERTHALS" gw coba ingat-ingat sepertinya familiar sekali, dan setelah sadar itu adalah tentang Neanderthals yaudah langsung gw beli.
di film itu ga sembarang menurut gw mereka buatnya, karena mereka berlandaskan hal yang juga gw ketahui tentang Neanderthals. jadi dikisahkan si AO adalah kepala keluarga di salah satu tempat suku Neanderthals bermukim, saat itu ia bersama temannya pergi keluar untuk memburu beruang yang meresahkan sukunya, saat kembali ternyata istri dan anaknya yang baru lahir serta semua anggota suku telah meningggal
dibunuh oleh manusia. si AO pun saat itu berduka dan hanya tinggal sendiri sebagai Nenderthals di eropa utara. ternyata AO itu punya saudara kembar di eropa selatan,mereka anak kepala suku, saat masih kecil mereka dipisahkan karena AO menjadi barter dari suku Neanderthals di wilayah eropa utara, jadi AO ikut bersama suku Neanderthals lain ke eropa utara dan saudaranya OA tetap tinggal di eropa selatan. nah setelah peristiwa meninggalnya istri dan anak AO beserta sukunya, AO melakukan perjalanan sendirian menuju eropa selatan mencari saudara kembarnya, diperjalanan AO bertemu dengan suku manusia dan AO pun ditahan, dan ada dua orang yang bukan manusia sejenis manusia purba juga tetapi bukan Neanderthals yang ditahan juga.salah satu mereka yang cowo di bunuh, dan yang perempuan masih ditahan bersama AO. karena AO pintar saat itu, AO melumuri seluruh badannya dengan lumpur dan ia memukul sarang lebah tepat di atas tempat suku manusia itu, sehingga AO bisa melarikan diri dan ternyata perempuan tadi kabur mengikuti AO. perempuan itu sedang hamil besar dan melahirkan disebuah gua yang ditempatinya bersama AO, karena AO ingat anaknya yang baru lahir telah meninggal jadi AO menggangap anak itu adalah anaknya. mereka pun bersama-sama berpindah tempat sambil melarikan diri menuju eropa selatan untuk mencari OA. ada sebuah kejadian dimana perempuan itu ga bisa lagi mengasih asi terhadap anaknya, dan AO mencari induk kuda untuk menyusui anak itu. di sepanjang perjalanan AO menggunakan instingnya dengan seakan-akan mendengar tabuhan kayu yang dimainkan OA, AO juga selalu membawa alat musik tiup yang sangat bisa dikuasainya. setelah mereka melalui perjalanan panjang dan sampai di tempat dimana AO Berasal ternyata begitu juga halnya dengan nasib istri,anak,dan sukunya AO di eropa utara, mereka semua telah meninggal tidak ada satu pun yang hidup.
jadilah di film itu dikisahkna AO Neanderthals terakhir hidup bersama Manusia di saat itu.

ok menurut penelitian manusia sama Neanderthals itu punya darah 99,5 %sama. jadi kemungkinan pada waktu itu manusia dan Neanderthals melakukan perkawinan dan mempunyai keturunan.


"These extinct humans were the closest relatives we had, and tantalizing new hints from researchers suggest that we might have been intimately close indeed. The mystery of whether Neanderthals and us had sex might possibly get solved if the entire Neanderthal genome is reported soon as expected. The matter of why they died and we succeeded, however, remains an open question.They were a lot more closely related to us than anything alive today," said paleoanthropologist Katerina Harvati at the University of Tübingen in Germany."- livescience.com

No comments: