Tuesday, February 15, 2011

MATAHARI DAN ANGIN

Mereka bertengkar siapa yang lebih kuat. Angin berkata "Saya akan membuktikan sayalah yang lebih kuat. Lihat orang tua yang memakai pakaian di sana? Saya dapat menanggalkan pakaiannya lebih cepat daripada kau."
Maka Matahari berjalan membelakangi Awan, dan Angin bertiup hampir seperti Tornado, tetapi semakin keras ia bertiup, semakin kencang orang tua itu memegang pakaiannya.
Akhirnya Angin lemas dan menyerah, dan kemudian Matahari muncul dari balik Awan dan tersenyum lebar kepada orang tua itu. Sekarang, ia mengusap keningnya dan menanggalkan bajunya. Matahari kemudian memberi tahu Angin bahwa kelembutan dan sikap bersahabat selalu lebih kuat daripada kemarahan dan paksaan.

PS: Cerita di atas adalah karangan Aesop ia adalah budak Yunani yang hidup di istana Croesus dan mengarang fabel-fabel abadi enam ratus tahun sebelum Masehi. nah pesan dari cerita di atas adalah Matahari dapat memintamu untuk menanggalkan baju lebih cepat daripada Angin; dan kebaikan hati, pendekatan yang bersahabat, dan penghargaan dapat mendorong orang untuk mengubah pendapat mereka lebih cepat. nah jadi besok-besok kalau kita ingin orang mengikuti pendapat atau kemauan kita jangan dipaksa atau seolah-olah kita ingin mereka melakukan hal yang kita inginkan, percaya mereka malah akan mempertahankan prinsip mereka dan tidak akan ada harapan kemauan kita bisa diterima mereka, mulailah dengan cara yang bersahabat. ini cara yang biasa gw pakai selama ini, mengalah dan bersikap baik terhadap orang itu enak lho kawan. :) oh iya kata pak Lincoln " setetes madu akan menarik lebih banyak lalat dibandingkan dengan segallon barang pahit" nah jadi pakai aja cara yang lembut dan bersahabat. terimakasih banyak :)

No comments: